Salah satu ilmu tinggalan leluhur yang terlihat sederhana namun sebetulnya mengandung manfaat yang luas adalah ilmu petung jawa. Saya yakin ilmu ini terlahir melalui olah spritual yang cukup berat dan digabungkan dengan ilmu titen yang lazim dipegang teguh para leluhur jawa masa lampau.

Melalu ilmu ini kita dapat mengetahui karakter orang, peruntungan, kelemahan, mencari hari baik, melacak pencurian, pengobatan dan masih banyak lagi. Namun seperti apa yang telah disabdakan  para leluhur agung, bahwa ada ungkapan bijaksana yang berbunyi “Ngelmu iku kelokone kanthi laku”  , untuk menguasai ilmu ini tidaklah cukup membaca dan mengerti secara teoritis, ada laku (tarekat) khusus atau tertentu  yang harus dikerjakan terlebih dulu.

Seorang sahabat saya pernah berguru secara langsung untuk mendalami ilmu ini, namun sayang, belum sampai selesai (katam) sang Guru telah berpulang keharibaan Tuhan. Walau begitu, di mata saya beliau sudah tergolong waskita dalam membaca fenomena alam, politik, ekonomi, karakter manusia dll.

 

 

About these ads