Mancing

Mancing

Akhir-akhir ini saya punya cara baru dalam meditasi, yaitu dengan mancing di laut. Lho kok jauh banget, masa’ mancing disamakan dengan meditasi. Ya’ bagi saya mancing dan meditasi sama saja, yaitu belajar pasrah menerima dan mengikuti kehendak pikiran kemana akan pergi yang akhirnya akan mengkristal atau menep dan akhirnya lahirlah jiwa yang  tentram seperti air telaga yang sejuk dan tenang. Seperti hari nyepi kemarin, saya pergi ke laut berangkat jam satu malam, ohhh begitu indahnya berada di tengah laut, semilir angin laut yang berhembus kencang, ribuan bintang gemintang dan juga ikan-kan yang hilir mudik berenang,  membawa nuansa tersendiri, hingga diri ini makin larut dalam merenungi kebesaran Tuhan.

Banyak sekali hikmah yang kita dapat dalam memancing,

1.Melatih kesabaran.

Ketika kita melempar umpan, bila nasib lagi mujur maka langsung terjadi strike, namun kalau lagi apes bisa berjam-jam kail kita tidak disentuh ikan. Nah disini kesabaran kita sering diuji, banyak para pemancing marah-marah setelah berjam-jam umpanya tidak disetuh ikan, alih-alih mancing yang tujuannya bisa membuat fikiran menjadi fresh justru malah menjadi stres.

2. Pasrah

Ketika kita telah memulai aktivitas ini maka harus dilandasi sikap pasrah. Yakni siap menerima hasil apapun,ketika kail telah dilempar maka kita tidak bisa kuasa apa-apa kencuali hanya menunggu umpan dimakan ikan. Kita tidak bisa memerintah ikan supaya buru-buru makan umpan, yach paling banter hanya bisa mengalunkan mantra-matra pemanggil ikan yang hanya bermodal keyakinan.

3. Ikhlas

Ikhlas menerima hasil sepahit apapun. Jangan pernah menghitung-hitung modal yang telah kita keluarkan, atau waktu yang telah kita luangkan untuk kegiatan yang satu ini.Misalnya dengan membandingkan modal yang telah kita keluarkan dengan hasil yang kita peroleh. Bila kita berfikiran seperti ini maka yang terjadi  adalah rumus dagang, yaitu untung dan rugi. Kalau untung kita senang, kalau rugi kita stres. Sekali lagi tujuan rekreasi mancing adalah fikiran menjadi segar kembali dan syukur-sukur dapat ikan banyak.

4. Bertemu Barang Alus

Nah ini dia yang agak serem. Bagi pemancing mania yang suka mancing di alam bebas, jangan kaget kalau sewaktu-waktu melihat fenomena gaib. Seperti yang pernah saya alami ketika mancing di pantai anyer, waktu itu hari menjelang maghrib, suasana pantai sudah sangat sepi, tiba-tiba beberapa puluh meter di depan saya muncul sosok seperti ikan yang gedenya sebesar manusia, warnanya hitam dan punya rambut yang panjang, sayang saya tidak punya ponsel kamera untuk mengabadikannya.Sosok itu muncul beberapa saat di atas air kemudian menghilang lagi.

Nah dari beberapa poin di atas dapat kita jadikan suatu pertanyaan. Apakah yang bisa di dapat dari kegiatan memancing?

Maka jawaban saya adalah, dengan memancing yang baik maka lahirlah sifat-sifat mulia, yaitu kesabaran, kepasrahan, keikhlasan dll.:mrgreen:

salam mancing

Senenga yen lagi mancing ning aja seneng mancing-mancing lan aja gampang kepancing.