Karipto Dinten Respati Manis 22 Mei 2008
Anyambet wartane Ki Jaka Lodhang
Skeng pujangga wreda kang wis kundur ing alam kelanggengan
Sigra paring dhawuh mring sang pujangga taruno
Kinen nyambung pawarto kang kapunggeling yuswo
Hangripto lumakuning sujarah nagri
Kang kasebat Nuswantoro Dwipo
Ing ri kalenggahan puniki
Nusa jawi taksih kalimput pedhut lelimengan
Awit ulahing jalmo kang anilar toto sujarah
Lali marang sangkan paraning titah
Tan eling marang pituwah leluhur jawi
Kang wonten mung jawi jawan
Panggrahitaning sang pujangga mudho
Kang prapto soko telenging pandulu
Bakal ono dahuru projo
Ono kukus kumendheng ananging dudu kukusing hardi
Semut sami anjarah ruyah gulo sakthemlik
Dene sami kathah reraton sato gereng ginereng
Nuso jawi soyo gonjang ganjing
Pituture sang pujonggo marang sesami
Lamun pengen kalis gesangiro lan sumramabahing keluarga
Ojo pegat marang kawaspadan lan kaprayitnan
Gegondelan teken kang sejati
Yoiku Tatag tangguh tumanggon
Orang keno darbe melik meri meliking liyan
Patrapno moto siji yoiku mung bener kang pener
Sopo wae kang gesangipun
Demen cidro tumrap jagad lan sesami
Mesthi yekti bakal nemahi
Awit saka ciptane sang pujonggo
Meniko kang sinebat jaman cokro manggilingan
Mebenging cokro tan kendhat kinendhat
Amargo wus dadi kersaning bethoro
Sopo nandhur mesthi bakal ngundhuh patrape
Genti ingkang winursito kacarito
Kang aran Satriyo Pinandito Sinisihan Wahyu
Sampun Lumengser mandhap sangking puncaking Argo kawruh
Argo meniko gunung, sipating gunung inggih hinggil lan wingit
Dene Kawruh meniko kaparingan weruh
Sampun bontos anggenipun nggegulang ngelmu skeng Sang Guru Nadi
Sumadyo nglurug tanpo bolo, menang tanpo ngasorake, sekti tanpo aji
Asenjoto pusoko jawi
Kang aran Sastro Jendro Hayu Ningrat Pangruwating Diyu
Dene busananing Aji
Jubah kramat Muhammad Rosul Sejati.
Pancen sampun kersaningipun Hyang Widhi
Ananing Satriyo luhur nanging anandhang wirang
Ugi kaparingan Sasmitaning Gaib
Winastan Ngelmu Jabaring Warono Jati
Nedyo Ngupadi Lenggahipun
Sang Satriyo Pinandhito Sinisihan Wahyu
Sang Santriyo wirang sejatinipun
Titisan Hyang Manik Maya
Kang rinegem ing astanipun
Ngelmu Kasampurnan Jati
Nedyo dinuto dening Gusti
Ngemong praptane Satriyo Pinandhito Sinisihan Wahyu
Lamun cinondro candrane
Lir Sang Bagaskoro sinanandingan Hyang Chondro Purnomo Sidhi
Minongko gelising cerito
Satriyo kekalih sampun pinanggih
Wonten satunggaling papan kang sinebat
Kahyangan Indro kilo
Senajanto benten papan nanging yektos satunggal panggenan
Arsa sami wawan pangandikan
Munggwing toto reh ambangun projo
Pungkasaning atur Ki Pujonggo Taruno
NGAsto BEbener pinongko HIdayah
KInen nDUpak LilipING jagad
MEmayu hayuning buwono
Sumurup JatinIng Dewo
Sun Suwun Marang Gusti Kang Akaryo Jagad
Katondho sengkalan KORI LANGIT BINUKO ING NETRO
Praptanyo owah gingsiring jaman anyar
Tanah jowo nuswantoro den ratoni
Satriyo kang waspodo ing tingal
Pepatih patih utomo
Titisane Ki Bodronoyo
Ciptaning galih sang pujonggo, kabeh beboyo lan sambekolo
Samyo ngemasi dhewe-dhewe
Bumi Langit sak eko proyo
Sabiyantu marang kridhane Satrio Kembar
Kang bakal Memayu Hayuningrat Nuswantoro
ojo kedhuwuren olehe ngalem awake dhewe lan ojo lali karo jeneng jabang bayine
Matursuwun sampun dipun emutaken, nanging yektos menika pengajeng-ngajengipun para putra Nusantara samudayanipun, mugi andadosaken pangertosan, menika donga kula ingkang lair saking lebeting batos, lan mboten maksud memuji diri, inggih menika gaya sastra, saget benten 2 mas aja dumeh.
Ada seorang sahabat yg pernah menulis begini :
Sastra adalah gabungan dari kata ‘sa’ yang berarti satu dan ‘astra’ yang berarti panah pusaka dari surga berupa bintang yang menyala bersinaran..
Sastra adalah satu-satunya senjata pusaka yang mampu mengatasi semua perso’alan dan perselisihan bahkan setelah semua kekuatan dan kedigdayaan yang ada di dunia ini tak mampu untuk menyelesaikannya dengan tuntas..
Sastra adalah senjata pelindung dan pengayom kemanusiaan dari gelapnya ambisi ego dan menggilanya deraan ekspektasi
duniawi yang haus akan kerusakan dan kedurhakaan..
Sastra adalah pusaka yang mengatasi semua senjata dan kesaktian tanpa sedikitpun membekaskan guratan kematian dan kehancuran di belakang jejaknya..
Sastra adalah sepercik ‘ilmu Tuhan yang dipinjamkan kepada mereka yang berniat menghiasi dunia dengan keindahan..
Bagus mas,tulisannya,saya mengerti,tulisan itu tidak ada maksud meuji muji diri pribadi tetapi hanya sekedar sebagar sarana berbagi rasa dengan sesama melalui sastra!:).
Terus menulis yah……
Salam dr saya!.
Trimakasih dah sudi mampir mas bangsa, silahkan ikut berbagi, ditunggu komentar2nya!
Ada suatu tempat yang indah dimana orang-orang dari jauh merindukan suasananya yang eksotis, penuh keakraban dan kedamaian yang dibangun oleh masyarakat yang mencintai rasa dan seni, menghormati leluhur, tetua-tetua adat yang bijaksana dalam kata dan perbuatan sehingga tempat itu ramai dikunjungi oleh berbagai macam ras dan negara namun masih dipandang SEBELAH MATA oleh bangsa sendiri (muslim) hanya karena pebedaan agama dan kedangkalan pemahaman yang tidak sampai menyentuh sisi hakiki harmoni kehidupan dalam relita dan fakta.
dimana?
PURAWISATA
BALI wae neng YOGYAning KARTA
rahayu…
1. mempelajari islam melalui buku akan menambah wawasan dan mungkin memperkuat pertentangan,sentimen, mungkin juga kurang yakin…
2.mempelajari islam secara sederhana melalui perilaku…
3. memperlajari dengan tirakat bertahun-tahun jadi yakin…
apapun agamanya …menyentuh nurani, bertahta di dalam hati itulah yang hak tidak bisa dimatikan…
wass
tirakat??hati yng raket dan kayungyun kepada satu tujuan 🙂
rahayu
cocok mas fgrghf..
tirakat itu cocok dengan hati yang rekat
hati yang dekat dengan yang maha ghoib
tuhan, gusti alloh. gusti allah
ya sekarang banyak ribut masalah istilah
tuhan, god , allah, gusti, pangeran, alloh
kalau dibilang god/got tuhan tidak marah walau disini artinya comberan….
karena selalu debat istilah kadang lupa dengan intinya itu sendiri
ada istilah bangsa indonesia dan negara indonesia
itupun jadi masalah,,, sekarang kayaknya banyak orang ahli bahasa indonesia, banyak yang ribut, memang kritis atau keblinger enggak tahulah… kita sih asik aja…
kita kalau mau nolong orang enggak usah ditanya dulu agamanya apa , mending tanya hati kita langsung, kalau yang mau ditolong udah sekarat buruan mati karena kita ribut soal istilah bahasa he he he…
ya bertanya dalam hati…. tentang yang benar sejati.
seperti lautan aja yang limbah masuk yang sungai masuk, yang olie dari kapal ya okelah.,..
saya sendiri enggak membatasi, mau cari wangsit dengan menyepi, meditasi, tarik suara dengan mediator, tarik dengan rasa… semua baiklah….
kalau remaja sekarang kebut-kebutan dijalan ya maklum
kita diwarung kopi sudah menjelaskan bahayanya dan mereka tidak semudah itu menerima pendapat kita…
tapi biarkan mereka …
kita terima yang menyembah siluman, jin,tuyul, uang , tukang bual sekalipun semua harus rukun, tidak gampang menerima orang yang beraneka ragam seperti itu…wkwkwkwkak ka
mas banyak yang akan kita tulis kalau pakai perasaan, tapi kalau didikte dengan akal ya sedikit tulisan yang kita dapat, kalau kita lagi ngobrol aja bisa semalam suntuk..
kalau sekarang bp sby menegaskan komitmennya tentang lawan korupsi, bukannya kita mendikte beliau
saya itu kenal aja enggak. he. eh he.
wass wb
Mas Hidayat, tau partainya Prabowo kan (Gerindra), Kira2 ada hubunganya dengan aliran Gerendra tidak mas, Itu lho aliran kejawen yang para tokohnya mirip para Sucek dari NTT apa NTB.Ayoo tau ga mas?
Rahayu,
Mas Hidayat, Mas Ngabehi K.M. , saya baru saja mengupload PROFIL R.RAHAJOE DIRDJASOEBRATA, Guru Soekarno, juga Guru spiritual saya pribadi.
Coba panjenengan semuanya disini kersa ngrawuhi dan berkunjung ke weblog saya nggih. Lan kula suwun paring komentar.
Rahayu,Rahayu,Rahayu… .
rahayu…
@siwa buddha saya masih membaca tulisan anda
@mas kalamwadi,.
tentang gerendra saya baru dengar ini, ada hubungan hanya kata hampir sama saja…apakah ajaran gerendra mengilhami partai gerindra memang ada.
saya melihat partai ini bertujuan kemakmuran bangsa..lambang nya kurang pas menurut saya,, disana ada gambar kepala garuda.. harusnya padi dan kapas. dengan background hijau muda..kalau saya artikan lambang partai gerindra itu orangnya pemberani dan milik orang kaya/ berduit… sederhana dan terfokus ekonomi rakyat…
warna kuning yang mendominasi dan merah,, kuning itu kulitnya blorong.. lambang kekayaaan
merah adalah darah lambang keberanian
minoritas hitam yang harusnya di mayoritaskan lambang bumi=kesabaran..disitu hanya garis segi empat tipis sekali.
putih nya kuat itu lambang keagamaan syariat islam….
sayangnya saya tidak ikut rembug pembuatan lambang itu
he he he ih ih
juga tampil bahwa gerindra itu masih di perkuat/ditunjang(dalam sedikit naungan) dari partai golkar,, walau agak jauh…jangan tanya kenapa semua ini bahasa rasa…..
mas prabowo masih lemah sekali.. masih berupa casing,, beliaunya dibanding pak harto dan pak akbar tanjung masih jauh.. mas prabowo baru menang di moral dan kepercayaan. hal inilah kebelum cukupan beliau memimpin negeri ini ..pemikirannya sederhana.. maka dari itu butuh 2 orang lagi dari makasar dan jawa timur…seorang muda sarjana ahli tatanegara, tampan gayanya seperti Dr boyke kecewek-cewekan tapi lelaki tulen… mirip arjuna lah…sakti
moral dan kepercayaan memang unsur terpenting dalam kepemimpinan tapi belum cukup sebelum ada kompetensi…kompetensi politik kenegaraan…
dalam pandangan saya ada 3 tokoh top saat ini digerindra:
1. prabowo sb 2. Tj seorang berjas hitam ber songkok dan berkaca mata hitam, 3. seorang wanita langsing tinggi berkacamata minus..berkulit putih..( no putri bung hatta)
2 orang itulah yang mempunyai dan mempengaruhi kepemikiran partai ini….
semoga sukses saja demikian pandangn saya..
mohon maaf matur suwun
wass wb
Rahayu…,
Mas Hidayat, itu komentar panjenengan sudah saya tanggapi. Mangga, silakan dipriksani.
Mas Ngabehi, itu kok yang warna biru itu ada mempernya sama Kyai Sengkelat. Luknya ganjil. Untuk menerangkan lebih jauh mungkin bertanya kepada yang ahli keris Mas. Saya bukan ahli keris soalnya. Dulu kalau dapet2 Keris juga karena jodoh saja Mas, tidak mencari dan meminta soalnya.
Rahayu, Nir ing Sambekala, S A T U H U ! !
Masjid Agung
gambaran Hidung sebagai plawangan nafsu Mutma’inah
Gedung Pangrawit
sekarang Museum Sono Budoyo gambaran mata sebagai plawangan Nafsu Supiah
Dalem Senopati
Gambaran Telinga sebagai plawangan nafsu Amarah
Pasar
gambaran Mulut sebagai plawangan nafsu Lawamah
Logistik
Gambaran perut manusia sebagai gudang atau tempat menyimpan makanan keperluan di dalam praja (benteng keraton)
Pulo Kenanga
Secara filosofi sekarang lokasi pasar ngasem adalah sebuah kolam air yang mengelilingi yang merupakan simbol dari air ketuban dari rahim ibu, sedang pasar sebenarnya terletak diantara Tamansari dan Masjid Agung sehingga pasar ngasem sekarang diartikan sebagai perut (waduk) atau pencernaan (usus) dari tubuh manusia.
Jejering punggung
diartikan sebagai tegaknya perintah atau pemerintahan yang diwujudkan sebagai tempat bala tentara/kasatrian
Komplek para Punggawa yang merupakan gambaran dari khaki tangan raja dalam memerintah kerajaannya
Alun-alun Utara dan Selatan
simbolis dari jagat Sonyaruri yang ditengahnya terdapat pohon sajatarul yakin sebagai perlambang dari tempat KUN dan SABDA yaitu asal dan tempat kembali dari segala kejadian atau makhluk.
Siti Hinggil (Hendra Loka)
Merupakan Pusat Perintahan sehari-hari dipimpin Perdana Menteri (Patih) sedang sang Raja hanya sesekali datang ke Siti hinggil
Dalem Kasultanan (Guru Loka)
simbolis dari Jeroan (jantung dan hati) merupakan tempat merenung Sultan/Raja dan kediaman keluarga Raja dengan dilayani para abdi dalem
TAMANSARI
simbolis dari JANALOKA atau BAITUL MAQDIS yang digambarkan sebagai reproduksi dan prosesi menitiskan wiji/janin yang akan menjadi INSAN KAMIL atau manusia sejati
Dalam kepercayaan masyarakat Jawa khususnya masyarakat Yogyakarta dikenal kekeramatan dari tiga tempat yang dimistikkan dan memiliki misteri (kerahasiaan) yaitu :
Gunung Merapi
digambarkan sebagai Siti (tanah) Hinggil (tinggi) atau tempat yang dimuliakan atau tempat keluarnya kalimat Sabda Bumi dimana kejadian-kejadian besar kemanusiaan atau gejolak negeri sering ditandai dengan meletusnya gunung tersebut.
Keraton Mataram
digambarkan sebagai kediaman Sang Sabda (Raja Jawa/babu tanah Jawi) atau tempat yang dikeramatkan dimana setiap orang diharuskan mematuhi tatacara kehidupan keraton seperti menanggalkan baju kemanusiaan (derajat dan kedudukan) dengan telanjang dada bagi laki-laki dan memakai kemben bagi perempuan untuk dapat memasuki kediaman Sang Sabda.
Pantai Selatan
digambarkan sebagai bersemayamnya Sang Ratu Pantai Selatan (keraton gaib) yang sebenarnya menggambarkan keluasan Rahasia Alam Semesta (arasy) yang didalam laut (langit) bertebaran mutiara yang berkilau (bintang-bintang) sebagai gambaran wahyu (kalimat hikmah) yang dapat dipetik oleh manusia mulia yang memiliki tanda-tanda kenabian/kepemimpinan (bocah angon).
“Ingsun anata ana sajeroning Betal Makmur, iku omah enggoning Parameyanigsun, jumeneng ana Sirahing Adam. Kang ana sajeroning sirah iku
Dimak, yaiku Utek, kang ana ing antaraning utek iku manik, sajeroning manik iku budi, sajeroning budi iku nafsu, sajerone nafsu iku Suksma,
sajerone Suksma iku Rahsa, sajerone rahsa iku Ingsun. Ora ana pengeran nanging Ingsun Dzat kang nglimputi kahanan jati.”
“Ingsun anata ana sajeroning Betal Mukharam. Iku omah enggon Laranganingsun, jumeneng ana dhadhaning adam. Kang ana sajeroning
dhadha iku ati, kang ana ing antaraning ati kiu jantung, sajeroning jantung iku budi, sajeroning budi iku jinem yaiku angen-angen, sajeroning
angen-angen iku rahsa, sajeroning rahsa iku Ingsun. Ora ana pangeran anging Ingsun, dzat kang nglimputi kahanan jati.”
“Ingsun anata ana sajeroning Betal Mukadas. Iku omah enggon Pasuceningsun, dumunung sajeroning Kontholing adam. Kang ana sajeroning
Konthol iku Pringsilan, kang ana ing antaraning Pringsilan iku Nutfah, yaiku mani, sajeroning mani iku madi, sajeroning madi iku wadi, sajeroning
wadi iku manikem, sajeroning manikem iku Rahsa, sajerone rahsa iku Ingsun. Ora ana pengeran nanging Ingsun Dzat kang nglimputi kahanan
jati, jumeneng sajeroning Nukat Ghaib tumurun dadi Johar awal ing kono wahananing alam Akadiyat, Wahdat, Wakidiyat, alam Arwah, alam
Misal, alam Ajezam, alam Insan Kamil, dadining manungsa kang sampurna yaiku sejatining sipatingsun.”
(Hidayat Jati)
TAMANSARI
Pasar Ngasem
Lokasi pasar Ngasem secara umum digambarkan sebagai waduk (perut) atau organ pencernaan makanan dimana makanan masuk ke lambung kemudian dilumatkan dengan proses enzimisasi lalu memasuki usus untuk dapat diserap sari makanannya
Situs Sumur Gumuling
Secara fisik digambarkan sebagai tempat pertapaan (masjid) si jabang bayi didalam kandungan Rahim (kasih sayang) sang Ibu (bumi) selama 9 bulan dimana Situs Sumur Gumuling dan Pulo Kenanga menggambarkan bentuk kepala dan gembung si janin yang bertapa, terowongan sebagai plasenta dan waduk menggambarkan sebagai air ketuban (benteng yang kokoh).
Secara mistik digambarkan sebagai sebagai pintu anak Adam menuju inti bumi (Siti Hawa) untuk dapat memasuki tempat asal dan kembalinya manusia (gaibnya alam semesta) dimana Sang Raja (pribadi) bertapa didalam Baitul Maqdis mencapai maqam (asal) Wiji Kodrat pada alam ajali abadi bertemu dengan Tuhan (muksa) dan kembali menjadi orang yang suci.
Bangunan Segi Delapan
Yang merupakan tanah lapang adalah tempat bertemuan Sang Sabda (Raja) untuk menyatakan kehendak menitiskan keturunannya pada para isterinya.
Kolam segaran
yang terdiri dari tiga buah kolam menggambarkanTri Murti (Tirta Kamandanu, Surya, Candra) sedangkan kolam segaran yang berada terpisah di bagian selatan digambarkan sebagai kolam Kal-Kausar untuk membersihkan segala kotoran sebelum memasuki menitiskan bakal/wiji manusia dalam keadaan suci dengan proses yang disakralkan.
Pulo Cemeti
Bangunan di tengah waduk dinamakan pulo Cemeti (halilintar) menggambarkan kejadian turunnya adam makdum yang menjadi adam makhluk ke bumi yang menimbulkan goncangan planet bumi (goro-goro) dan turunnya air dari langit sebagai awal datangnya kehidupan manusia di bumi.
Jagat Alit
Sang Wiji (sperma adam) berjalan menuju Sang Bumi (sel telur) dan terjadi pembuahan untuk menjadi bakal anak manusia.
Jagat Agung (gedhe)
Bintang berekor yang akan menabrak bumi (kiamat) merupakan gambaran dari kedatangan Adam (makhluk)
Kedatangan manusia merupakan gambaran turunnya makhluk Adam (awal) dan akhir (kiamat/armageddon) makhluk sebelumnya (Adam purba)
Gambaran Bumi ketika masih kosong disebut Siti (tanah), merupakan gambaran dari Siti Hawa (siti kawah)
Terowongan
Jalan memasuki Situs Sumur Gumuling dan Pulo Kenanga dari Situs Segaran melewati jalan bawah tanah (rahasia kehidupan) yang sepanjang jalan tersebut melewati 7 rumah/ventilasi udara yang menggambarkan si bakal manusia melewati 7 alam yaitu alam akadiyat, alam wahdat, alam wakidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajesam dan alam insan kamil.
Gedong Sekawan
Yang berada didalam bangunan segi delapan adalah tempat berkumpulnya Rahsa (yang telah bercampur dengan kekuatan Tri Murti) dengan kehendak sang Sabda (Pangeran)
malih-malih
menawi wonten leresipun punika sanes leresing kawula manungsa
menawi wonten lepatipun punika luputing kamanungsan kawula
wah …. wah ….. wah…., bukan main……..
ternyata semua tempat ada maksud dan tujuannya, dan yang “pasti” orang yang bisa jlentrehake tersebut adalah orang yang sudah mencapai tingkatan pil sepet (filsafat) yang mendalam.
berarti pula orang yang merancang / meng arsiteki bangunan tersebut juga (jaman dulu) memang pemikiran pil sepetnya sudah sangat maju eehhh dalam……., bisa membaca kahananing jaman ……. luar biasa,…….
salam hormat bagi PIL SEPET, ……. tamunya mas ngabehi semakin hari semakin sakti mandraguna …..
salam,
Yang bangun Keraton kan RM Sujono/HB I,salah satu leluhur siwa buda tuh…….karenanya yah memang cocok jika dimengerti arti tersiratnya dengan ngelmu wiridnya bagus burham/ronggowarsito III………dahulunya sempat diwejang oleh Ki Ahmad Kategan kepada para sesepuh Mataram di jaman Sultan agung……
Mas pil sepet (hehehe)……..gimana dengan tulisan Alif Lam Mim/Ro yang ada di soko guru bangsa kencono keraton jogja?.
Rahayu
alif lam mim artinya hanya tuhan yang tahu,
was wb
ALIF ULFATA SHINTA
BA BARAKATA BERKAH
TA TAUBATA TOBAT
TSA TSAWAABA PAHALA
JIM JAMAALA BAGUSELOK
HA HIKMATA ILMUHIKMAH
KHA KHAIRA BUDIMAN
DAL DALIILA AYATULLAH
DZAL DZAKAA’A CERDIK
RA RAHMATA WELASASIH
ZA ZAKAATA ZAKAT
SIN SA’AADATA BAHAGIA
SYIN SYIFAA’A SEHAT
SHAD SHIDQA KATABENAR
DHAD DHIYAA’A LIHAT
THA THARAAWATA BARU
DHA DHAFRA KASIL
AIN ILMA ILMU
GHAIN GHINA RAJABRANA
FA FALAAKHA SELAMET
QOF QURBATA MARAHAWAK
KAF KARAMATA KERAMAT
LAM LUTHFA HALUS
MIM MAU’IDHATA NASIHAT
NUN NUURA CAHAYA
WAWU WUSHLATA PANYAMBUNG
HA HIDAYATA PUTUDUH
LAMALIFA……… HALUSHINTA
HAMZAH……… BADHAR
YA YAQIINA YAKIN
HIJAYA on Nopember 30, 2007
ihwal NUN BA = na bini ba
NUN = bulan bintang = nogososro sabuk inten = nogososro lintang bawono
BA = tangising bumi kelawan langit (ruhulluh) lan getering langit kelawan bumi
H 1 JAYA on Nopember 30, 2007
ihwal ALIF LAM_LAM HA =
kehalusan cinta (suci/murni) menembus jagat raya (alam semesta)
Mas Ngabehi,
kalau tidak keberatan tolong diterjemahkan donk serat Memayu Hayuningrat kedalam bahasa indonesia biar kita2x yang kagak ngerti bahasa jawa jadi ngerti he..he..he……..
Mas Ngabehi,
kalau tidak keberatan tolong diterjemahkan donk serat Memayu Hayuningrat kedalam bahasa indonesia biar kita2x yang kagak ngerti bahasa jawa jadi ngerti he..he..he……..
=============================================
oh ya maaf, nanti habis lebaran coba tak terjemahkan ke bahasa indonesia.Udah beli baju baru belum kang Kiki, he he he
Wakakakkk..;-)…mas ngabehi ini ada ada saja.. jadi inget masa kecil dulu kalau mau lebaran pasti ribut pengen d beliin baju baru ha..ha..ha…
Walau jemari tak kuasa berjabat, setidaknya kata masih dapat terbaca, dengan ini saya mengucapkan ” Selamat Idul Fitri 1429 H “, mohon maaf lahir dan batin”
salam,
rahayu
kepada seluruh teman dan sahabat dimanapun berada, selamat hari raya idul fitri 1429H mohon maaf lahir dan batin
wass wb
ciluuup BHA!
MbEgogok mekaKAH – Oktober 30, 2008
AL HAJJ AL KUBRA
Tawaf diantara bintang-bintang
Pusara gugus galaksi BIMA SAKTI
BISMILLAH sayekti
http://eddycorret.wordpress.com/2008/10/20/mengenai-anak-dewa/#comment-1515
Dulu pernah saya di sebuah majalah, kalau nggak salah Panjebar Semangat.
Di situ diterangkan bahwa kata Sastra berasal dari India dan berasal dari gabungan dua kata, yang berarti gagasan atau ide. Sedangkan orang yang mempunyai gagasan itu disebut Sastri. Kata Sastri ini diserap orang Jawa menjadi Santri.
Makanya jadi aneh kalau Santri, kok taklid buta. Itu kan aneh, karena asal kata Sastri adalah pelaku gagasan yang mengedepankan logika Ilmiah plus Alamiah dan diback-up nur Ilahiah.
Ma’af nimbrungannya, ngelantur. Nggak sesuai bahasan.
Wah wah hebat hebat dari beberapa artikel ini saya mendapatkan banyak pengetahuan. saya paling awam pengetahuan di komunitas ini. boleh kiranya mas mas semuanya mau membagikan pengetahuan pada saya. maturnuwun
senoxy@gmail.com
Mangga para kadang sedaya, yang ingin sharing dengan dengan mas Seno , silahkan menguhbungi alamat email di atas.
Buat Mas Seno trimakasih atas kunjungannya.
Rahayu
Dalam tataran ilmu kejawen saya masih sangat awam sekali, namun sbg generasi muda sungguh saya sangat bangga dg kbudayaan leluhur yg sangat sangat luar biasa. saya ingin sekali nguri uri budaya yg luhur ini.
dalam pandangan saya ilmu kejawen adalah islam sejati.
sebelum agama islam masuk ke indonesia di jawa itu sudah ada islam tapi dalam tingkatan hakikat ma’rifat. dan islam syari’at baru masuk ke indonesia dg melalui perdagangan oleh bangsa persia gujarat.
dalam benakku islam itu maknanya slamet, jadi siapa saja yang bisa selamat ketika soan menghadap gusti pengeran atau dalam islam di kenal innalillahi…
dengan sempurna itulah islam sejati atau selamat sjt. dalam olah pikir saya itulah makna firman allah “innadina indallahu islam”
(agama yg ada di sisiku adalah islam)
islam sing maknane slamet…
ya begitulah mas Seno, hakekat islam itu seperti yang anda jabarkan di atas, tapi seiring perjalanan waktu, islam yang sebetulnya mengedepankan akhlak yang mulia, welas asih dll kini telah tergantikan ajaran islam yang kaku, keras dan dan tidak menjujung nilai 2 perbedaan.Semoga kita termasuk umat muslim yang senantiasa menebarkan rahmatan lil alamin bukan umat yang hanya bisa mendatangkan bencana dimana mana.
wassalam
rahayu mas ngabehi…
boleh kiranya saya minta alamat email panjenengan sebagai media untuk saya sharing dengan panjenengan…
maturnuwun.
senoxy@gmail.com (email & facebook)
Islam indah bila tidak hanya dilihat dari kulitnya, tapi diresapi dan dilaksanakan…
nuwun ki
Leres Ki, sudah seyogyanya umat islam berbenah diri, jangan cuma terjebak pada pemahaman kulit yang kaku dan dogmatis.
Rahayu
HEBAT”ACUNGAN 2 JEMPOL”, ILMU PADI SEMAKIN MENUNDUK SEMKIN BERISI, TAPI JADI GAK RAME DAN TERBUKA WAWASAN LAIN KALAU GAK ADA YANG OPOSISI. GIMANA DENGAN DARMO GANDUL?
hmmm….nderek midhangetaken…..
HU ALLOH HU ROHMAN NUR ROKHIM DZAT SIFAT KALIMAH KALIH, mugi mugio enggal kasembadan nopo ikang sampun kaserat SABDO MANDI CIPTO DADI KASEKSIN JAGAD SAK ISINIPUN ASAL BERKAHE LAN SAFAATIPUN KANJENG NABI UGI IDZINIPUN GUSTI ENGKANG MURBO ING DUMADI, MURIH TOTO LAN TENTREME NEGARI MONGGO QT SAMI2 BERDO’A JOYO JOYO WIJAYANTI JOYONE WONG SAK NEGORO.
Mohon ampun kepada Allah. Yang terlihat ini hanyalah hampa….
tidak terlihat adalah isi. Mohon maaf bukan utk diperdebatkan.
stop utk yg sudah tau. yg berkicau adalah burung beo.